Thursday, March 22, 2007

Jalan2 Episode 2

2. Tempat Laennya

Sebelom masup bulan puasa, gw ama sodara2 gw jiarah ke makam Nyokap gw di TPU Jeruk Purut, suasananya beda banget ama hari2 biasa…… gw liat banyak banget tukang ngemis dadakan yang entah dari mana munculnya, soalnya banyak banget…. gw ampe keder ngeliatnya. Dari sekian banyak pengemis, gw kok tiba2 ngeliat ada keanehan, ada 5 perempuan yang duduk2 di depan pintu masup TPU (yang pada lagi ngemis juga), yang setelah gw perhatiin ich, mukanya kok mirip ya??? padahal ada 5 orang, apa mungkin kembar 5? Gila amat yak…

Penasaran, gw samperin tu barisan pengemis…. sambil nanya2 ama pengemis yang duduknya paling pinggir :

gw : maap bu…. kalo saya gak salah liat, kok kayaknya muka ibu berlima sama semua ya?? kembar apa di-kembar2in?

pengemis : eh, boro2 kembar.. kita baru kok ketemu di sini …. kata orang2 sih emang kita berlima mirip, tapi sayah gak merasa tuuuh… Tuh yang paling kiri, namanya Wagiyem, dia asal Probolinggo, sebelahnya Waginah, asal Sragen, trus sebelahnya lagi Watiyem asal Kebumen, nah yang sebelah sayah namanya Wariyem asal Solo, trus saya sendiri punya nama Warsita Graciani, asal Gombong… Gimana mau dibilang kembar? Apanya sih yang sama, dari nama aja ketauan gak samanya…

gw : wah……… iya ya bu, ngga ada sama2nya sama sekali… *gw sambil garuk2 pantat, soalnya si ibu kagak sadar apa ya, nama mereka kan depannya huruf Wa semua ……

pengemis : gini aja neng, daripada wawancara ga karuan, mending eneng kasih aja uang ke kita, soalnya kita belom makan nih dari pagi… Lagian si Wagi kalo telat makan suka kambuh maagnya, belum lagi si Waginah, dia orangnya suka ga tahan laper, trus Wati suka stress kalo perutnya belom keisi apa2, kalo Wari suka mendadak pingsan kalo perut kosong, saya sendiri suka deg2an kalo belom makan……

gw : *berpikir keras, kok si graciani apal banget ya penyakit temen2nya……

Akhirnya gw tinggalin tuh gerombolan ibu2 pengemis yang aneh. Bukannya gw dapet jawaban eh, malahan kepala gw jadi pusing banget denger jawaban tu ibu… huh…

No comments: